Sabtu, 01 September 2012

Materi Motivasi PKK


Seminar Nasional di GSG UNIB
Materi Motivasi PKK

Aku telah berjanji kepada diriku sendiri untuk tidak lagi mengambil sifat buruk yang telah kubuang. Bersama dengan kak Wawan—pemberi motivasi dari lampung—semua kertas berisi sedikit keburukan yang kutahu telah kulepaskan, kulemparkan sejauh kertas bisa melayang kedepan. Aku telah berjanji dengan diriku untuk bisa memiliki cita-cita setinggi langit dan seluas bentangan alam semesta. Allah Maha mengetahui apa yang telah terjadi dan apa yang lisan ini katakan.

Sebuah pertanyaan yang menggugah hatiku datang dari seorang wanita prodi BK (Bimbingan Konseling). Ia bertanya tentang masalah dan cara bijak menanggapi masalah yang terjadi. Dan, jawaban dari kak Wawan :
“Pernah melihat mobil? Apakah mobil akan selalu melihat sepion saat sedang melaju di jalan raya? Kurasa tidak! Maka dari itu, anda bukan hidup untuk mengenang masalah! Koreksi masalah, cari penyebabnya, pelajari dan jadikan pelajaran.”

Nah, dunia ini luas, dan pula, bermimpi tidaklah bayar! Apa anda tidak berani bermimpi untuk bisa memiliki uang dalam miliaran atau sesuatu yang di luar pemikiran orang biasa? Benar! Orang terlalu takut. Hanya bisa meminta dengan hal yang kecil sedangkan Allah S.W.T Maha Kaya. Dia-lah Sang Penguasa di langit dan di bumi.
Lima poin petunjuk yang menjadi kekuatan utama dari sebuah kesuksesan ujar kak Wawan, yaitu :
1.      Dreams ( Mimpi )
Mulailah mencacat cita-cita anda, kalau tidak, ia akan melayang dan menghilang begitu saja tanpa anda sadari.

2.      Action ( Kerjakan )
Setelah mencatat, maka sebaiknya anda sudah mulai untuk mengerjakannya. Sebuah kalimat yang menarik adalah. Sampai berapa lama umur anda? Jawabannya adalah sekarang. Besok adalah harapan dan kemaren adalah kenangan.

3.      Jangan Mudah menyerah
Masalah pasti akan datang bertubi-tubi dan semakin banyak. Namun ingatlah, bahwa anda sudah berkompetisi saat pembuahan ovum ibu, dan anda terpilih sebagai yang terbaik dan berhasil lulus setelah menandatangi perjanjian dengan Allah. Tumbuh berkembang hingga sekarang dengan baik.

Ingatlah … anda hanya masih belum memaksimalkan potensi di diri anda secara maksimal.

Anda itu hanya terbuai oleh hasutan setan yang menajak kejalan keburukan. Malas dan penyakit hatii lainnya adalah karena anda sudah terlalu sering ‘menyimpan’ penyakit itu di hati. Keluarkanlah sewat tulisanmu, catatlah keburukanmu. Lalu remuk dan buang sejauh-jauhnya, bila perlu, kata kak Wawan, buat liang lahat untuk penyakit hati anda dan kubur mereka.

4.      Kekuatan Doa
Jangan menyepelekan doa! Ingatlah bahwa manusia itu hanya insan yang lemah dan harus berdoa kepada yang Maha Kuasa. Manusia itu lemah dan hanyalah debu di pelataran semesta ini. Jangan merasa sombong dan menganggap sepele doa. Karena doa itu punya dua kekuatan:

Pertama, doa akan dikabulkan namun tidak tahu kapan akan di wujudkan di dunia.

Kedua, doa ditolak dan Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Aku merangkum apa yang dikatakan oleh kak Wawan. Seorang motivator yang memberikanku banyak tenaga dan kekuatan untuk kembali membuat cita-cita.
Pesan terakhir dari kak Wawan adalah belajar pengalaman, cerita, ilmu dan berbagai hal berharga itu dimana saja, dengan siapa saja dan diwaktu apapun. Jadi, jangan menutup diri dan serta merta hanya belajar dari buku. Anda juga harus melihat realita yang ada dan cobalah untuk bisa mencari solusi sebelum realita itu menimpa anda.

Demikian yang kurasa menjadi hadiah kenang-kenangan dari kak Wawan. Kalimat-kalimat yang reverensinya berdasarkan Al-Quran dan Hadist.

Semoga, kak Wawan dan keluarga mendapatkan amal jahiriah saat kami benar-benar melakukannya.

Amin.


Bengkulu, 1 Oktober 2012

untuk lebih lanjut tentang motivasi, kunjungi 
http://wawanherdianto.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar